4 Tips Merawat Kendaraan Saat Musim Hujan

Kendaraan adalah salah satu aset yang harus dijaga, misalnya saja dengan melakukan perawatan rutin dan membeli asuransi kendaraan. Perlindungan dengan asuransi sangat penting untuk dimiliki, karena akan membantumu bila sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diingankan pada kendaraan. Misalnya saja kecelakaan, kerusakan yang tidak disengaja, hingga kehilangan kendaraan karena kecurian. Sekarang ini, sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi kendaraan murah  yang dengan mudah didapatkan, jadi tidak ada lagi asalan untuk tidak memilikinya.


Setelah mendapatkan perlindungan dari asuransi, bukan berarti kamu jadi tidak perlu melakukan perawatan pada kendaraanmu, ya. Perawatan secara rutin tetap perlu dilakukan terutama saat musim hujan.  Pada musim hujan kendaraan akan lebih mudah kotor terkena lumpur atau zat asam yang sering terkandung dalam air hujan. Nah, zat asam inilah yang berpotensi menimbulkan kerusakan pada lapisan cat kendaraan hingga menimbulkan karat. Selain itu juga bisa menimbulkan menimbulkan noda air atau water spot. Noda tersebut tentunya dapat membuat tampilan kendaraan kesayangan nggak maksimal. Oleh sebab itu, melakukan perawatan mobil rutin terutama pada musim hujan perlu dilakukan.

Berikut ini tips merawat kendaraan di musim hujan.

1. Rutin Mencuci Mobil dan Motor

Tahukah kamu kalau air hujan bisa menimbulkan karat, sampai memudarkan warna cat mobil, motor, atau kendaraan kesayangan kamu? Air hujan mengandung oksigen terlarut, garam, dan polusi yang berpotensi menimbulkan risiko karat. Oleh sebab itu, disarankan untuk rutin mencuci kendaraan kamu. Kalau nggak sempat, bisa juga disemprotkan menggunakan air sumur atau PDAM.

2. Perhatikan Kaki-Kaki Mobil dan Motor

Kalau musim hujan datang, dan kita melewati jalan rusak bertanah, pasti ada saja kotoran dan lumpur yang menempel di kaki-kaki mobil dan motor. Nah, ketika terdengar suara-suara dari mesin, itu bisa jadi tanda ada masalah di bagian tersebut. Sebaiknya kamu rutin buat membersihkannya dan mengeceknya secara berkala. Apabila dirasa merepotkan, kamu bisa membawanya ke bengkel yang ada fasilitas hi-liftnya untuk mengecek keseluruhan kondisi kolongnya.

3. Jangan Sampai Interior Mobil Lembab

Pernahkah kamu mencium bau tidak sedap di dalam mobil. Mungkin saja itu akibat jok mobil yang lembab. Apalagi di saat musim hujan yang membuat jok atau bagian mobil lainnya rentan mengalami lembab. Kalau itu dibiarkan begitu saja, jok mobil bisa terkena jamur lho. Nah buat mengantisipasinya sebaiknya rutin untuk menjemur mobil di bawah sinar matahari atau bisa juga dapat memasang dehumidifier atau penyerap kelembaban. Kalau jok sudah terlanjur berjamur, semprotkan cairan all purpose cleaner ke  permukaan jok dan ratakan secara perlahan menggunakan kain microfiber.

4. Menyemprotkan Cairan Silikon Ke Kaca Mobil

Karet wiper yang terdapat di depan kaca mobil bermanfaat untuk mengelap air hujan yang terkena kaca depan mobil. Ini bisa membantu kamu lebih jelas melihat jalanan ketika sedang berkendara. Sayangnya terpaan cuaca ekstrem seperti hujan dan panas bisa merusak karet wiper tersebut. Untuk mencegah hal itu terjadi, kamu bisa menyemprotkan cairan silikon ke kaca mobil. Cairan ini bermanfaat untuk melumasi karet kaca mobil, menghilangkan uap/embun, dan  menjaga bahan karet, plastik, hingga  kulit.

Nah itu dia perawatan kendaraan yang bisa dilakukan saat musim hujan. Semoga bisa membuat kendaraan kesayangan kamu makin awet dan jauh dari kerusakan ya.


Post a Comment

0 Comments